q3G8bV1De9z34QIMqx5YtPRLIOY Physics Education Blog: Peluru newton : memutar mengelilingi bumi

Wednesday, March 12, 2014

Peluru newton : memutar mengelilingi bumi

Newton membuat pengandaian menggunakan sebuah meriam berkekuatan super yang diletakkan dipuncak gunung yang tinggi. dengan mengabaikan pengaruh gaya gesek, bayangkanlah kita menembak peluru-peluru meriam dengan kekuatan lontaran yang semakin bertambah, apa yang akan terjadi pada peluru?
Peluru pertama akan terlontar agak jauh kearah horison dan kemudian jatuh ketanah, tertarik kepusat bumi oleh gaya gravitasi (peluru ini sebenarnya melintasi sebuah jalur melengkung atau parabolik, dari mulut meriam hingga ketempat jatuhnya). Peluru berikutnya akan terlontar sedikit lebih jauh sebelum akhirnya ditarik oleh gaya gravitasi menuju ketanah. demikian berikutnya.

Tetapi, ingatlah bahwa bumi tidak berbentuk datar. Permukaan bumi melengkung menjauhi peluru yang terlontar itu dan peluru ini tentu saja selalu mengalami percepatan kearah pusat bumi oleh gaya gravitasi. karena permukaan bumi melengkung maka peluru meriam sebenarnya menempuh jarak yang sedikir lebih jauh daripada jika permukaan bumi datar. 

Bila sebuah meriam mampu menghasilkan ledakan yang cukup besar, peluru yang ditembakkannya akan terlontar mengitari bumi dan mengenai bagian belakang meriam itu sendiri. peluru tersebut akan bergerak dalam orbit. karena peluru tersebut senantiasa bergerak kearah depan dan kearah pusat bumi secara bersamaan maka pergerakan kearah permukaan bumi cukup untuk mempertahankannya tetap berada dalam orbit. dalam keadaan ini, peluru mengalami apa yang disebut sebagai jatuh bebas.

Referensi : John Gribbin.1999.Fisika Modern.Jalarta:erlangga

3 comments:

  1. kalo itu isi nye, judul nye bukan itu bang, kalo menurut saye c, "peluru yg kembali setelah d tembak kn", kalo berbelok mah, berarti die belok kanan atau kiri, atau mutar balik..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kesediaan memberikan komentar, jangan lupa share ya..
Orang bijak berkomentar dengan baik